Diskon Listrik Bantuan PPKM

Diskon Listrik Bantuan PPKM Sampai Desember! Ini Caranya

Diskon Listrik Bantuan PPKM Sampai Desember! Ini Caranya

Diskon listrik bantuan PPKM merupakan salah satu dari sekian banyak bantuan yang di keluarkan oleh pemerintah Indonesia. Hal ini bertujuan untuk membantu masyarakat kurang mampu penerima listrik bersubsidi.

Pada periode Juli-September, diskon sebanyak 50% PLN berikan pada para pelanggannya. Pelanggan tersebut merupakan golongan bersubsidi. Selanjutnya, pemerintah memutuskan untuk memperpanjang stimulus ketenagalistrikan berupa diskon tarif hingga Desember.

Pihak PLN juga mengaku siap untuk menjalankan perintah. Bantuan diskon listrik seperti ini bukan yang pertama kali PLN lakukan. Sebelum ini, pemerintah telah mengeluarkan keputusan sama pada tahun 2020.

Sejak April 2020, PLN berdasarkan keputusan pemerintah menyalurkan stimulus listrik berjumlah Rp. 13,15 Triliun untuk 33,02 juta pelanggan. Sedangkan untuk Juli-September 2021, pemerintah telah menyediakan anggaran berjumlah Rp. 2,33 Triliun.

Namun, jika sebelumnya harus mengakses laman PLN atau melalui whatsapp, kali ini berbeda. PLN selaku penyedia jasa listrik di seluruh Indonesia mempermudah masyarakat untuk mendapatkan diskon listrik bantuan PPKM.

Baca Juga: Cara Cek Bantuan PPKM Secara Online

CARA MENDAPATAN DISKON LISTRIK

Di Indonesia, terdapat dua jenis pelanggan PLN. Satu adalah pelanggan pascabayar, dan yang lain adalah pelanggan prabayar. Yang membedakan kedua pelanggan ini adalah cara pembayaran tagihan listriknya.

Untuk pascabayar, diskon bisa langsung Anda dapatkan dengan pemotongan langsung dari tagihan rekening. Sementara prabayar, diskon listrik bantuan PPKM ini bisa dinikmati saat pembelian token.

Pembebasan ketentuan rekening minimum, biaya beban/abonemen, pemberian stimulus otomatis diberikan dengan pemotongan tagihan rekening listrik konsumen, bisnis, industri dan sosial. Potongan sebesar 50% untuk biaya beban/abonemen dan pemakaian rekening minimum.

BESARAN DISKON LISTRIK DARI PLN

Besaran potongan tarif telah diatur. Berdasarkan surat Kementerian ESDM (Energi dan Sumber Daya Mineral) Republik Indonesia, besaran diskon listrik bantuan PPKM periode Juli sampai September adalah sebagai berikut:

  1. Golongan rumah tangga daya 450 VA, industri kecil daya 450 VA, dan bisnis kecil daya 450 VA mendapatkan diskon sebesar 50 persen dengan penggunaan maksimal 720 jam nyala.
  2. Golongan rumah tangga daya 900 VA bersubsidi mendapatkan diskon sebesar 25 persen dengan penggunaan maksimal 720 jam nyala.
  3. Pembebasan biaya beban atau abonemen, pembebasan ketentuan rekening minimum sebesar 50 persen bagi pelanggan sosial, industri dan bisnis.

Akses layanan pengaduan, PLN telah membuka saluran penyampaian masalah terkait stimulus. Hal ini PLN lakukan untuk melakukan layanan terbaik bagi masyarakat. Pengaduan tersebut didapatkan melalui aplikasi PLN Mobile.

Baca Juga: Buruan Daftar Cara Mendapatkan Bantuan PPKM Disini

Bila ada masalah yang tidak selesai dalam layanan pengaduan milik PLN, Direktur Pembinaan Pengusahaan Ketenagalistrikan Ida Nuryatin Finahari menyatakan Kementerian ESDM juga turut membuka layanan pengaduan melalui konsumen.listrik@esdm.go.id.

TRENDING :  Lol Artinya: Tawa yang Membuatmu Lebih Sehat

Aplikasi PLN Mobile bisa diunduh dari Playstore atau Appstore. Setelah diunduh, aplikasi dapat segera Anda gunakan. Namun untuk mendapatkan diskon listrik bantuan PPKM, Anda tidak membutuhkan aplikasi untuk mendaftar.

Kata KunciBantuan Listrik -Bantuan Listrik 450 Watt -Bantuan Listrik Dari Pemerintah -Bantuan Listrik Gratis -Bantuan Listrik Gratis Juli 2021 -Bantuan Listrik Gratis Sampai Kapan -Bantuan Listrik Juli 2021 -Bantuan Listrik Non Subsidi -Bantuan Listrik Pln -Bantuan Listrik Ppkm-Bantuan Listrik Sampai Kapan -Diskon Listrik -Diskon Listrik Bantuan PPKM -

About administrator

Check Also

Al Quddus: Artinya dan Maknanya dalam Agama Islam

Al Quddus: Artinya dan Maknanya dalam Agama Islam

Halo teman-teman! Hari ini saya ingin membahas salah satu asmaul husna yang sangat penting, yaitu …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *