Data Ganda Penerima Bansos

Antisipasi Data Ganda Penerima Bansos, Begini Upaya Kementerian Sosial!

Adanya sebuah pandemi Covid-19 ini memang sampai saat ini masih belum terpecahkan. Berbagai upaya pemerintah untuk bisa menstabilkan pergerakan ekonomi. Salah satunya dengan memberikan bantuan sosial baik itu berupa tunai dan juga sembako. Namun sayang nya hingga kini data ganda penerima bansos masih belum bisa terselesaikan.

Seperti yang telah kita ketahui bahwa dari awal pandemi ini, pemerintah melakukan pemberian bantuan. Yang dilakukan berdasarkan data dinas kependudukan dan juga sumber lainnya. Namun sayangnya, dari beberapa data yang ada, ternyata banyak sekali kasus data ganda yang. Hal ini menjadikan bantuan ini tidak tersalurkan sesuai dengan rencana yang ada. Nah, berikut beberapa ulasan akan hal ini!

Perbedaan Data Antara Beberapa Sumber

Pada dasarnya adanya sebuah data ganda ini tentu menjadikan penyaluran bantuan sosial yang kurang tepat. Banyak sekali sumber data yang berbeda antara satu dengan yang lainnya. Seperti halnya ketika melihat sumber data yang ada di BPS dan kementerian Sosial akan jumlah warga miskin, ternyata data tersebut seringkali berbeda.

Bahkan tidak hanya itu saa, adanya data dari Kemendagri dan juga Komisi Pemilihan Umum yang biasa digunakan untuk melihat data warga ternyata juga mengalami perbedaan. Hal inilah yang menjadikan bantuan sosial tidak tepat sasaran. Adanya data penerima bansos ini juga masih menjadi sebuah pertanyaan tersendiri. Pasalnya apakah data tersebut murni kesalahan teknis dalam penginputan atau adanya tindak kecurangan yang disengaja agar bisa memanipulasi bantuan sosial tersebut.

Penonaktifan Data Ganda

Melihat peristiwa banyaknya data ganda yang ada saat ini, pihak kementerian sosial sendiri pada bulan lalu telah menonaktifkan beberapa data yang dianggap ganda. Hampir lebih dari 21 juta data yang telah dinonaktifkan oleh Menteri Sosial terkait. Banyaknya data yang ada ini menandakan kemungkinan bantuan sosial yang telah tersalurkan juga bisa kurang tepat sasaran.

Untuk melakukan penertiban data ganda ini, kementerian sosial juga melakukan sebuah koordinasi bersama KPK bahkan juga pihak lain yang bersangkutan. Agar data yang ada lebih valid, dinas kementerian sosial juga akan memintakan sejumlah data kepada pemerintah daerah sekitar.

Penonaktifan data ganda ini juga diikuti oleh pemantauan serta data yang selalu di update setiap minggu dan melakukan sinkronisasi pada saat akhir bulan. Hal ini berkaitan pula dengan data masyarakat seperti yang telah meninggal dan perlu di update datanya.

Pemantauan Bansos Lewat Online

Meskipun terdapat banyak sekali data ganda saat ini masyarakat bisa memantau. Siapa pun yang hendak mengecek apakah namanya termasuk dalam penerima bantuan sosial atau tidak, bisa dengan mengeceknya secara online. Adanya sebuah website yang disediakan oleh pemerintah ini, bisa dilakukan untuk memantau apakah bantuan sosial telah disalurkan atau masih dalam pemrosesan.

Untuk melakukan pengecekan bantuan sosial secara online tersebut bisa dengan mengunjungi halaman http://cekbansos.kemensos.go.id. Dari website tersebut akan lebih mudah dalam memantau tanpa harus bertanya dengan pihak kelurahan atau panitia desa yang mengurusi bantuan sosial tersebut.

TRENDING :  Tauhid Artinya: Mengenal Konsep Ke-Esaan Allah dalam Islam

Untuk lin penerima bansos tersebut tentu tidak semua nama dan juga identitas bisa muncul, hal ini karena hanya berkaitan dengan pihak yang menerima bantuan sosial saja. Jenis dari bantuan sosial dari program pemerintah n juga terbilang bermacam-macam, mulai dari anggota PKH, BST, dan juga sembako.

Adanya kemudahan dalam mengakses serta menonaktifkan beberapa data ganda penerima bansos. Hal ini menjadikan salah satu upaya agar dana yang diberikan oleh pemerintah tidak disalahgunakan. Seperti yang kita ketahui bahwa dana bantuan sosial ini terbilang tidak sedikit mengingat jumlah global yang digunakan agar ekonomi masyarakat bisa bergerak.

 

 

About Firma Wati

Check Also

Al Matin, Allah Yang Maha Kekal dan Kokoh

Al Matin, Allah Yang Maha Kekal dan Kokoh

Halo teman-teman, pernahkah kalian mendengar tentang Al Matin? Al Matin adalah salah satu dari 99 …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *