BLT Subsidi Gaji

Fakta dan Syarat untuk Mendapatkan BLT Subsidi Gaji bagi Pekerja

Fakta dan Syarat untuk Mendapatkan BLT Subsidi Gaji bagi Pekerja

Bantuan yang diberikan pemerintah memang sangat banyak yang terdiri dari berbagai golongan utamanya golongan pekerja. Dimana pekerja tersebut memang menerima gaji masih dibawah Rp5 juta. Maka dari itu, pekerja seperti ini memiliki peluang untuk mendapatkan bansos BLT Subsidi Gaji. Bansos tersebut memang tergolong bantuan yang baru diberikan.

Beragam Fakta Mengenai Bansos BLT Subsidi Gaji

Seperti yang telah diketahui bahwa bansos untuk pekerja memang termasuk bantuan yang tergolong baru diberikan pemerintah. Dimana pemerintah memberikan bansos tersebut kepada pada pekerja yang tidak memiliki gaji tinggi. Selain itu, ada juga beberapa fakta yang dapat diketahui terkait dengan pemberian bansos BLT untuk pekerja sebagai berikut:

1. Pendataan Penerima Bansos Kurang Baik

Maksud pendataan mengenai penerima bansos atau masyarakat yang akan diberikan bantuan memang tidak di data dengan baik. Dimana pekerja yang diberikan bansos ini bukan hanya yang menerima gaji di bawah Rp5 juta namun juga pekerja yang terdampak covid-19. Namun data terkait pekerja tersebut tidak di data dengan baik oleh pemerintah.

2. Data Penerima Tidak Valid

Akibat pendataan terkait penerima atau pekerja yang kurang valid membuat kesejahteraan pekerja tidak merata. Utamanya pekerja yang bekerja dalam bidang informal UMKM yang terdampak wabah penyakit covid-19. Memang wabah penyakit tersebut hingga sekarang ini masih belum usai sehingga masyarakat perlu untuk tetap waspada.

3. Pencairan Bansos Setelah Lebaran

Pencairan bansos berupa BLT untuk pekerja yang terdampak covid-19 memang sudah ditargetkan akan dicairkan setelah lebaran. Dimana proses pencairan bansos BLT Subsidi Gaji ini akan dicairkan pada bulan Juni atau Juli. Alasan pemerintah mencairkan dana tersebut secara cepat sebagai bentuk tanggung jawab mengelola anggaran bansos ini.

4. BSU 2020 Diajukan ke Kementerian Keuangan

BSU 2020 memang sudah dicairkan, namun sisa dana dari bantuan ini masih ada sehingga diajukan kembali ke Menteri Keuangan. Memang Menteri Keuangan menerima pengajuan BSU yang akan dijadikan BLT untuk pekerja yang belum menerima di tahun sebelumnya. Oleh karena itu, pekerja yang sudah mendapatkan BSU 2020 tidak dapat lagi menerima di tahun ini.

Syarat Pekerja Untuk Mendapatkan Bansos BLT Subsidi Gaji

Memang tidak semua pekerja yang memiliki penghasilan di bawah Rp5.000.000 bisa mendapatkan bansos. Hanya pekerja yang memenuhi persyaratan saja yang dapat menerima bansos tersebut. Lantas apa saja persyaratan yang dapat dipenuhi? Berikut merupakan paparan mengenai persyaratan tersebut:

1. Memiliki Status sebagai Pekerja

Untuk mendapatkan bansos dari pemerintah, seseorang harus memiliki status sebagai pekerja atau buruh. Dimana pekerja ini menerima gaji hanya di bawah Rp5.000.000. Bukan hanya itu, buruh tersebut juga harus merupakan warga negara Indonesia yang dilihat dari nomor induk yang dimiliki.

TRENDING :  Makna di Balik Kata Male dalam Bahasa Inggris

2. Memiliki BPJS Ketenagakerjaan

BPJS yang dimiliki masyarakat Indonesia memang beragam jenisnya dilihat dari kebutuhannya. Salah satu jenisnya adalah BPJS Ketenagakerjaan yang dimiliki oleh pekerja saja. Selain itu, BPJS tersebut masih berstatus aktif sehingga nomor kartu dapat terbaca apabila di cek.

3. Memiliki Rekening

Syarat yang harus dimiliki oleh pekerja atau buruh adalah mempunyai rekening yang hingga saat ini masih berstatus aktif. Rekening yang dimiliki bisa berasal dari berbagai jenis bank yang ada. Tujuan pengadaan rekening tersebut agar pekerja dapat lebih mudah menerima dana bansos apabila sudah dicairkan oleh pemerintah.

Itulah beberapa paparan lengkap mengenai bansos BLT Subsidi Gaji yang akan dicairkan pada tahun 2021 ini. Dimana jadwal pencairan bansos tersebut setelah lebaran yakni bulan Juni maupun bulan Juli 2021. Penerima atau pekerja bansos tahun ini benar-benar belum pernah menerima bansos sejenis di tahun sebelumnya.

 

About Firma Wati

Check Also

The Best CRM Software Platforms

The Best CRM Software Platforms

Hey there! Are you looking for the best CRM software platforms for your business? Look …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *