Bansos Dari Pemerintah

Berikut Daftar Bansos dari Pemerintah Saat PPKM Diperpanjang

Berikut Daftar Bansos dari Pemerintah Saat PPKM Diperpanjang

Berikut daftar Bansos dari pemerintah di masa perpanjangan PPKM. PPKM yang merupakan singkatan dari Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat ini merupakan upaya pemerintah menekan laju penyebaran covid-19 di Indonesia.

Sebelumnya, pemerintah Indonesia memberlakukan PSBB atau Pembatasan Sosial Berskala Besar. Lalu penerapan PPKM sejak awal tahun 2021, dan sekarang PPKM yang memiliki tingkatan atau level berdasarkan zona penyebaran covid-19.

Alasan PPKM berlevel untuk memberikan sedikit kelonggaran pada pelaku usaha. Seperti pedagang makanan atau non makanan. Dengan pemberian kelonggaran ini, mereka tetap bisa menghidupi diri dan juga mampu menjaga diri.

Meski demikian, tidak serta merta ekonomi dapat kembali bangkit dalam sekejap mata. Oleh sebab itu, bansos dari pemerintah pun diberikan pada masyarakat yang terkena dampak.

DAFTAR BANTUAN SOSIAL PEMERINTAH

Pemerintah memutuskan untuk memperpanjang masa Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) di level 4. Mulai dari tanggal 26 Juli hingga 2 Agustus, diumumkan langsung oleh Presiden Joko Widodo.

Bersamaan dengan pernyataan tersebut, Presiden juga telah menginstruksikan agar bansos dari pemerintahan semakin ditingkatkan. Semua ini guna membantu masyarakat terbebas dari dampak covid-19. Beberapa daftar bansos tersebut adalah:

  1. Kartu Sembako. KS diberikan sebesar 200 ribu per bulan. Selama dua bulan, target 18,8 Keluarga Penerima Manfaat akan menerimanya.
  2. Kartu Sembako PPKM. Ini diberikan selama enam bulan sebanyak 200 ribu per bulannya. Kartu Sembako PPKM diterima oleh 5,9 juta Keluarga Penerima Manfaat baru.
  3. Bansos Tunai. Sebanyak 300 ribu akan diberikan per bulan selama dua bulan pada 10 juta KPM.
  4. Subsidi Kuota Internet. Berlanjut sampai akhir tahun 2021. Bantuan sosial ini akan diterima oleh 38,1 juta pelajar dan tenaga pendidik.
  5. Diskon Listrik. Pemberian bansos ini akan menyasar 32,6 juta pelanggan. Diskon akan berlangsung selama tiga bulan, yakni Juli sampai September dengan perpanjangan tiga bulan berikutnya dari Oktober hingga Desember.
  6. Bantuan Rekening Minimum Biaya Beban. Seperti bansos diskon listrik, diberikan selama tiga bulan.
  7. Subsidi Gaji. Khusus pekerja yang terdaftar pada BPJS Ketenagakerjaan. Berada di PPKM level 3 dan 4.
  8. Bantuan Beras. Sebanyak 10 kg, bansos ini akan diberikan untuk 28,8 juta KPM.
  9. Program Bantuan Produktif Usaha Mikro (BPUM) mendapatkan penambahan kuota sebanyak 3 juta orang dengan jumlah 1,2 juta.
  10. Bantuan Umum PKL. Jumlahnya sama dengan BPUM, yaitu sebanyak 1,2 juta. Bantuan ini berupa tunai untuk warung dan pedagang kaki lima yang terdampak PPKM, sebanyak satu juta orang.

LAYANAN PENGADUAN BANTUAN SOSIAL

Pembagian tidak merata bansos dari pemerintah akan wajar jika data masyarakat tidak tercatat dengan benar. Untuk menanggulangi hal tersebut, jika ada permasalahan bisa menghubungi layanan pengaduan terkait melalui e-mail.

Baca Juga: Buruan Daftar UMKM 1.2 Juta dari Pemerintah Disini

TRENDING :  Inilah 10 Link Twibbon Tahun Baru 2022 Terbaik

Kementerian Sosial membuka layanan pengaduan dengan alamat bansoscovid19@kemensos.go.id, atau juga bisa melalui whatsapp di nomor 0811-1022-210. Kirimkan pesan dengan format; Nama Lengkap, Nomor KTP, Alamat Lengkap, dan Aduan.

Pemerintah berupaya mencegah penyebaran virus corona sekaligus tetap memperhatikan masyarakat dengan berbagai macam bantuan. Bansos dari pemerintah ini diharapkan dapat membantu kesulitan warga serta mampu memulihkan ekonomi Indonesia.

Kata KunciBansos Dari Pemerintah -

About administrator

Check Also

The Best CRM Software Platforms

The Best CRM Software Platforms

Hey there! Are you looking for the best CRM software platforms for your business? Look …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *