Bansos BST Kemensos

Persyaratan dan Cara Klaim Bansos BST Kemensos yang Harus Diketahui

Banyaknya bantuan yang diberikan pemerintah kepada masyarakat tentu sangat membantu dalam memenuhi kebutuhan sehari-harinya. Salah satu bansos yang dimaksud adalah BST Kemensos yang diberikan pemerintah. Rencananya bansos ini akan cair pada bulan Mei 2021, akan tetapi sebagian daerah belum menerima bansos BST Kemensos.

Syarat Untuk Mendapatkan BST Kemensos

Untuk mendapatkan bansos berupa BST Kemensos tentu harus memenuhi beberapa persyaratan yang sudah ditentukan. Memang tidak semua masyarakat bisa mendapatkan bansos ini. Dimana hanya masyarakat yang memenuhi persyaratan saja. Maka dari itu, beberapa persyaratan yang sudah ditentukan tersebut akan dipaparkan pada paparan berikut ini:

1. Penduduk Asli di RT/RW

Persyaratan yang harus dipenuhi untuk calon penerima bansos adalah calon penerima tersebut merupakan penduduk asli. Penduduk asli yang dimaksud dalam hal ini adalah penduduk yang menetap di suatu desa atau kelurahan. Selain itu, penduduk tersebut juga sudah masuk dalam pendataan di desa atau kelurahan yang bersangkutan.

2. Kehilangan Mata Pencaharian

Masyarakat yang bisa mendapatkan bansos ini adalah masyarakat yang kehilangan mata pencaharian yang dijalani selama ini. Dimana masyarakat tersebut kehilangan mata pencaharian di masa pandemi covid-19. Memang selama masa pandemi yang masih berlangsung hingga saat ini, sangat banyak masyarakat yang terkena PHK.

3. Tidak Sedang Menerima Bansos Lain

Upaya pemerintah untuk meningkatkan perekonomian masyarakat adalah dengan memberikan beberapa jenis bantuan. Adapun jenis-jenis bansos yang dimaksud tersebut seperti BLT, PKH, BPNT, dan lain sebagainya. Namun semua jenis bansos tersebut tentu memiliki beberapa persyaratan yang harus dipenuhi oleh masyarakat sebelum menjadi penerima.

4. Sudah Memenuhi Persyaratan

Masyarakat yang sudah memenuhi persyaratan namun masih ada kendala dalam hal tidak memiliki NIK dan KTP. Dimana masyarakat yang mengalami hal ini tentu masih memiliki peluang untuk mendapatkan bantuan BST Kemensos. Selain itu, masyarakat tersebut juga tidak perlu lagi membuat NIK dan KTP, yang penting masyarakat tersebut berdomisili di desa bersangkutan.

5. Sudah Terdaftar dan Dianggap Valid

Apabila masyarakat yang sudah memenuhi persyaratan yang ditetapkan tentu berstatus sudah terdaftar. Bukan hanya berstatus menjadi penerima yang terdaftar, namun juga data yang dimasukkan sudah dianggap Valid. Dengan begitu, bansos ini akan diberikan kepada masyarakat melalui dua sistem. Sistem tersebut adalah sistem tunai dan sistem non tunai.

Cara Mengklaim Bansos BST Kemensos

Berbagai persyaratan yang telah dipenuhi oleh masyarakat untuk menjadi penerima bansos berupa BST Kemensos. Apabila sudah ditetapkan sebagai penerima, maka akan ada beberapa cara yang harus dilakukan untuk mengklaim dana tersebut. Cara yang dilakukan terlebih dahulu adalah dengan memastikan bahwa tidak terdaftar di bansos lainnya.

Setelah itu, cek nama penerima di RT/RW setempat apakah sudah terdaftar atau belum. Memang untuk mengecek penerima bantuan secara tunai harus mengecek nama penerima di RT/RW setempat. Namun nama penerima belum terdaftar, bisa langsung mendaftarkan diri di RT/RW setempat. Dimana calon penerima harus melampirkan fotokopi KTP yang dimiliki.

TRENDING :  Inilah Alasan Seluruh Gerai Giant Ditutup dan Dampaknya

Tujuan membawa fotokopi KTP tersebut adalah agar kepala desa bisa langsung mendata calon penerima. Setelah itu, data tersebut akan diserahkan kepada pihak bank milik negara yang terlibat dalam program bansos tersebut. Apabila sudah mendaftarkan diri, maka tunggu informasi selanjutnya terkait dengan pencairan dana dari bansos tersebut.

Itulah beberapa persyaratan dan cara mengklaim bansos BST Kemensos yang harus diperhatikan sebelum menjadi penerima. Memang beberapa persyaratan yang ditetapkan harus dipenuhi oleh masyarakat untuk ditetapkan sebagai penerima bantuan. Selain itu, cara mengklaim bantuan ini pun cukup mudah berdasarkan dengan paparan di atas.

 

 

About Firma Wati

Check Also

Freak Artinya: Definisi dan Arti Kata Freak

Freak Artinya: Definisi dan Arti Kata Freak

Freak artinya adalah orang atau hal yang berbeda dari yang umumnya diterima. Kata ini digunakan …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *