Bansos Untuk Anak Sekolah

Jumlah Dana Bansos Untuk Anak Sekolah yang Diberikan

Pendidikan di Indonesia pada masa sekarang ini memang sangat memprihatinkan. Mengapa demikian? Sebab banyak anak yang ingin bersekolah namun terhalang terhadap biaya. Maka dari itu, pemerintah mengeluarkan kebijakan berupa bansos untuk anak sekolah. Jumlah dana yang diberikan untuk setiap tingkatan sekolah tentu berbeda-beda.

Jumlah Dana yang Diberikan Anak Sekolah Oleh Pemerintah

Dana yang diberikan pemerintah kepada anak sekolah memang berbeda berdasarkan jenjang yang telah ditempuh oleh anak tersebut. Dimana bansos yang diberikan ini mulai dari jenjang Sekolah Dasar (SD), Sekolah Menengah Pertama (SMP), dan Sekolah Menengah Atas (SMA). Berikut jumlah dana yang diberikan berdasarkan jenjang yang ditempuh:

1. Sekolah Dasar (SD)

Jenjang pertama yang diberikan bansos dari pemerintah adalah jenjang Sekolah Dasar (SD). Dimana anak yang masih sekolah di bangku SD bisa menerima bansos dari pemerintah dengan jumlah pencairan setiap tahunnya adalah Rp900.000. Jumlah dana tersebut diberikan kepada setiap anak yang menjadi penerima bansos tersebut.

2. Sekolah Menengah Pertama (SMP)

Peserta didik yang masih duduk di bangku Sekolah Menengah Pertama (SMP) juga bisa mendapatkan bansos dari pemerintah. Dimana jumlah bantuan yang dapat diterima anak tersebut adalah Rp1,5 juta untuk pencairan setiap tahun. Memang pencairan ini dilakukan selama 4 kali setiap tahunnya. Maka dari itu, diharapkan bansos yang diberikan dipergunakan dengan baik.

3. Sekolah Menengah Atas (SMA)

Untuk jenjang Sekolah Menengah Atas (SMA) akan diberikan dana yang lebih besar dibanding dua jenjang sebelumnya. Alasan pemerintah memberikan dana yang sedikit besar karena kebutuhan peserta didik yang duduk di bangku SMA lebih banyak. Adapun jumlah dana yang diberikan pemerintah untuk jenjang SMA sebesar Rp2.000.000.

Cara Untuk Mendapatkan Bansos Untuk Anak Sekolah

Ada beberapa persyaratan yang harus dipenuhi oleh peserta didik apabila ingin mendapatkan bansos untuk anak sekolah. Salah satu syarat yang wajib dipenuhi adalah dengan memiliki kartu KKS. Kartu KKS adalah Kartu Keluarga Sejahtera yang diberikan kepada keluarga kurang mampu. Untuk mendapatkan kartu tersebut, berikut caranya:

1. Melakukan Pendaftaran

Langkah yang harus dilakukan untuk mendapatkan kartu KKS adalah dengan melakukan pendaftaran terlebih dahulu. Pendaftaran tersebut dilakukan di aparat pemerintah setempat seperti kantor kelurahan atau kantor desa. Memang pendaftaran untuk mendapat kartu KKS harus dilakukan secara offline karena tidak membuka sistem online.

2. Mendapatkan Surat Pemberitahuan

Apabila sudah melakukan pendaftaran, maka langkah selanjutnya adalah akan diberikan surat pemberitahuan. Dimana isi dari surat pemberitahuan ini berisi tentang teknis pendaftaran. Selanjutnya adalah mendatangi tempat selanjutnya untuk melanjutkan proses pendaftaran. Tempat tersebut sudah ditentukan pada surat pemberitahuan yang diberikan.

3. Membawa Persyaratan

Sebelum datang ke tempat yang telah ditentukan, tentu tidak lupa untuk membawa berbagai persyaratan yang telah ditentukan. Adapun persyaratan yang dapat dibawa seperti KK, KTP, serta kode unik yang terdapat dalam Data Terpadu. Memang ada kode unik yang harus dilampirkan pada saat mendaftar kartu KKS.

TRENDING :  Te Amo Artinya: Makna dan Penggunaan dalam Bahasa Indonesia

4. Proses Verifikasi Berkas

Setelah membawa semua persyaratan yang sudah ditentukan dan sudah melakukan pendaftran, tahap selanjutnya proses verifikasi. Proses verifikasi berkas tersebut dilakukan oleh beberapa lembaga seperti HIMBARA, kantor kabupaten, dan juga kelurahan. Apabila diterima, maka akan diberikan rekening dan kartu KKS untuk digunakan mendaftar bansos untuk anak sekolah.

Itulah beberapa informasi terkait dengan bansos untuk anak sekolah yang diberikan untuk berbagai jenjang. Namun syarat untuk mendapatkan bantuan tersebut harus memiliki KKS. Apabila belum memiliki kartu tersebut, sebaiknya melakukan pendaftaran terlebih dahulu di kantor pemerintah setempat. Pencairan dana pun dilakukan dalam 4 tahan setiap tahunnya.

 

 

Kata Kuncibansos untuk anak sd-

About Firma Wati

Check Also

The Best CRM Software Platforms

The Best CRM Software Platforms

Hey there! Are you looking for the best CRM software platforms for your business? Look …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *