cara menghemat uang 200 ribu sebulan
cara menghemat uang 200 ribu sebulan

Cara Menghemat Uang 200 Ribu Sebulan dari Gaji yang Pas-pasan

Seseorang yang memiliki gaji pas-pasan tentu merasa sulit untuk menabung dan berhemat. Kadangkala, kebutuhan pokok saja masih belum terpenuhi dengan nominal gaji yang tidak besar. Meskipun begitu, jika terus mencoba dan mencari cara, ada beberapa tips sebagai cara menghemat uang 200 ribu sebulan yang bisa dilakukan.

Berpikir untuk menghemat uang tanpa perencanaan yang matang dikhawatirkan membuat seseorang tidak konsisten dan mudah menyerah. Bagi yang tidak biasa berhemat, tentunya sulit untuk menjadi hemat dan hidup sederhana.  Mulailah sedikit-sedikit dari nominal yang kecil hingga menyentuh angka 200 ribu dengan diiringi beberapa tips di bawah ini:

1. Tuliskan Tujuan Berhemat yang Dijalankan

Hal penting pertama yang mesti dilakukan ketika berhemat adalah menuliskan tujuan berhemat itu sendiri. Kegagalan seseorang ketika menabung atau berhemat seringkali terjadi karena tujuan yang tidak jelas sehingga berhenti di tengah jalan. Agar selalu konsisten, tulis tujuan berhemat dan bisa ditempelkan pada dinding kamar, meja kerja, atau dijadikan sebagai wallpaper pada ponsel.

Dengan selalu ingat tujuan berhemat yang dilakukan, belanja konsumtif dapat dikurangi. Bisa juga menuliskan tujuan berhemat secara rinci. Misalnya, dari jatah uang harian yang dimiliki, seseorang harus berhemat sebesar 10 ribu rupiah sehingga dalam satu bulan bisa mencapai 300 ribu rupiah. Berkat adanya catatan yang menuliskan tujuan hemat dan rinciannya, menghemat uang terasa lebih mudah.

2. Pisahkan Uang untuk Kebutuhan Pribadi dan Tabungan

Demi bisa menghemat uang sebesar 200 ribu per bulan, seseorang harus rela menahan keinginannya untuk belanja yang tidak perlu. Agar uang tabungan tidak terpakai, selalu pisahkan dana tersebut ke dompet atau rekening yang berbeda. Perlunya menanamkan dalam diri bahwa uang tabungan dianggap sebagai tagihan yang mesti dibayarkan setiap bulan.

3. Susun Anggaran Belanja

Ketika awal menerima gaji, cara menghemat uang 200 ribu sebulan dapat dilakukan dengan menyusun kebutuhan sebulan ke depan. Tulis rinciannya dan jumlahkan berapa sebenarnya kebutuhan dalam satu bulan yang diperlukan. Dengan menulis rincian belanja, dapat terlihat berapa jumlah yang merupakan kebutuhan pokok dan mana yang sekedar keinginan semata.

Total budget untuk anggaran belanja dapat ditentukan dan mulai mengurangi belanja yang hanya berupa keinginan saja. Hal ini akan menekan anggaran belanja sehingga sisanya dapat dihemat dan ditabung. Jika perlu membeli barang, belilah barang yang murah dan berkualitas. Sayuran dan bahan pokok dapat dibeli di pasar tradisional karena harga yang dipatok lebih murah.

4. Bekal Air Minum dari Rumah

Ketika berangkat kerja atau kegiatan luar rumah lainnya, usahakan selalu membawa air minum sendiri dari rumah. Bayangkan berapa yang bisa dihemat ketika membawa minum dari rumah alih-alih terus membeli air mineral setiap harinya. Meski bawaan semakin berat, ingat kembali tujuan menghemat 200 ribu dalam satu bulan yang telah dituliskan.

TRENDING :  Review Ultimate 4 Trading: Platform Trading Masa Depan?

5. Gunakan Transportasi Umum

Transportasi online memang memberikan kenyamanan yang lebih dan efisiensi waktu. Sebanding dengan fasilitas yang diberikan, tentu saja tarifnya pun lebih tinggi dari transportasi publik. Demi berhemat, cobalah untuk tidak terlalu sering menggunakan transportasi online dan mulai beralih ke transportasi publik. Dana transportasi dapat dipangkas sehingga bisa lebih hemat agar memenuhi target hemat bulanan.

Meskipun tidak mudah, cara menghemat uang 200 ribu sebulan dapat dilakukan sedikit-sedikit hingga terbiasa. Membatasi biaya untuk sekedar nongkrong di cafe atau berlangganan aplikasi streaming juga bisa membantu seseorang lebih hemat lagi. Yang harus ditekankan dalam berhemat adalah kegigihan dan kedisiplinan agar tidak tergoda untuk membuang uang demi keinginan yang tidak perlu. Semangat berhemat!

Kata KunciCara menghemat uang 200 ribu sebulan-Uang 200 rb untuk blanja 1 bulan-

About Firma Wati

Check Also

Cara Menghasilkan Uang dari Contoh Trading yang Menguntungkan

Cara Menghasilkan Uang dari Contoh Trading yang Menguntungkan

Contoh Trading: Mengenal Lebih Dekat Dunia Perdagangan Saham Hai, pembaca yang budiman! Apakah kamu pernah …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *