cara menabung yang unik
cara menabung yang unik

Cara Menabung yang Unik dan Bikin Semangat, Ayo Dilakukan

Banyak yang memahami, menabung adalah kegiatan yang bermanfaat, tetapi tidak semua orang bisa mendisiplin diri untuk menabung. Ada saja yang membikin gagal menabung seperti tertarik membeli barang baru. Oleh karena itu cara menabung yang unik dan bikin semangat perlu diketahui dan dilakukan. Menabung tidak selalu harus mempunyai rekening bank. Semua bisa menabung baik di bank atau di rumah dengan cara unik. Ini caranya:

1. Membuat Tujuan Menabung

Membuat tujuan ialah cara menabung yang unik dan bikin semangat yang sangat efektif. Sebaiknya seeseorang selalu menetapkan tujuan untuk menabung, misalnya membeli tas sekolah, membeli jaket, sampai membeli mobil atau berwisata ke luar negeri. Agar semangat menabung lebih kencang frekuensi menabungnya, pasang gambar tujuan yang ingin dicapai seperti mobil atau tempat wisata di dinding kamar.

Setelah itu supaya target lebih cepat tercapai buatlah target jangka pendek seperti target mingguan sampai target harian. Jika dilakukan dengan disiplin suatu hari tujuan pasti akan tercapai.

2. Menyisakan Uang Saku

Bagi para pelajar, tabungan pasti didapat dari uang saku sebab umumnya pelajar belum bekerja. Uang saku biasa dipakai untuk transportasi ke sekolah, jajan atau membeli peralatan tulis dan foto kopi. Dengan mengurangi jajan atau membeli makanan yang lebih murah, jalan kaki daripada naik ojek akan memberi ruang bagi pelajar memiliki sisa uang saku.

Sisa uang saku ini yang ditabung. Semakin besar jumlahnya semakin banyak tabungan. Semakin banyak tabungan, semakin cepat barang idaman, misalnya ponsel baru, bisa dibeli.

3. Menabung Koin

Banyak orang suka meremehkan uang koin. Padalah uang koin dapat menjadi cara menabung yang unik dan bikin semangat. Lakukan kegiatan menabung uang koin yang unik, caranya: setiap kali mendapatkan kembalian uang koin, tabung uang koin itu di celengan khusus. Setelah satu bulan buka celengan dan tukarkan uang koin dengan uang kertas. Bukan mustahil orang akan terkejut mendapati berapa banyak tabungan uang koinnya,

Bila tidak punya celengan, siapkan saja dompet atau kantung khusus untuk uang koin itu. Jangan sia-siakan uang receh berbentuk koin ini.

4. Mengaktifkan Fitur Potong Saldo di Aplikasi Internet Banking

Cara ini dilakukan untuk mereka yang memang berniat dan memiliki tekad kuat untuk menabung. ada beberapa bank yang melayani sistem seperti ini. Tanya saja kepada customer service bank bisa lewat internet atau telepon dan aktifkan fitur potong otomatis ini. Secara langsung gaji bulanan akan tersisihkan sekian persen dalam bentuk tabungan tanpa harus repot dan mengingat waktu menabung dan tidak perlu datang ke bank.

5. Menabung dalam Toples Transparan

Ada cara menabung yang unik dan bikin semangat sekaligus bisa mendapatkan hiasan toples kaca cantik dengan uang beraneka nominal di dalamnya. Silahkan menabung uang di dalam sebuah toples cantik dari kaca yang tembus pandang. Ternyata menabung dengan cara ini sangat efektif. Tanpa sadar orang terus memandang uang di dalam kaca tembus pandang dan ingin menambah jumlahnya. Lama kelamaan nominal tabungan pun akan bertambah banyak.

TRENDING :  Hukum Trading Saham dalam Islam

Demikian tadi lima cara menabung yang unik dan bikin semangat yang mudah dilakukan. Perbaharui juga pikiran bahwa dengan menabung impian bisa diwujudkan. Jangan lupa tetapkan tujuan dan tempel foto tujuan yang ingin dicapai di dinding kamar. Tidak perlu menabung dengan jumlah besar secara langsung. Asal konsisten, lama kelamaan uang tabungan akan bernilai nominal besar. Disiplin diri dan segeralah menabung.

About Firma Wati

Check Also

Cara Menghasilkan Uang dari Contoh Trading yang Menguntungkan

Cara Menghasilkan Uang dari Contoh Trading yang Menguntungkan

Contoh Trading: Mengenal Lebih Dekat Dunia Perdagangan Saham Hai, pembaca yang budiman! Apakah kamu pernah …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *