cara menabung untuk beli rumah dengan gaji 3 juta

7 Cara Menabung Untuk Beli Rumah dengan Gaji 3 Juta

Punya gaji pas-pasan tapi ingin memiliki hunian sendiri bukanlah hal yang mustahil. Bukan hanya sebagai tempat tinggal, rumah menjadi investasi terbaik dan memberikan keuntungan besar.  Jika sewaktu-waktu ingin menjualnya harga penjualan pasti lebih tinggi. Untuk itu cobalah ikuti cara menabung untuk beli rumah dengan gaji 3 juta yang akan dipaparkan berikut:

1. Mengalokasikan Pendapatan Untuk DP Rumah Sebesar 30%

Hal utama yang harus dilakukan bagi orang yang hendak mendapatkan hunian dengan gaji pas-pasan adalah mengatur keuangan. Bahkan hanya dengan upah 3 juta sekalipun keinginan tersebut bisa terwujud. Asal uang yang didapatkan tersebut dikelola dengan baik dan tepat sasaran. Jangan sampai kemauan yang berlebihan menghalangi untuk membeli hunian.

Cara tepat yang bisa dilakukan dalam mengatur keuangan adalah mengalokasikan pendapatan untuk keperluan DP rumah. Dari gaji 3 juta tersebut, alokasikan sebesar 30%. Itu artinya, uang 900.000 dikhususkan untuk pendanaan hunian. Jangan sampai menggunakannya guna membeli kebutuhan lain. Usahakan juga mengurangi dana jajan.

2. Memilih Daerah Sedikit Jauh dari Pusat Kota

Merupakan hal wajar jika hunian di wilayah pusat kota ditawarkan dengan harga lebih mahal. Jika memiliki gaji sebesar 3 juta, sebaiknya pilihlah rumah yang berada di kawasan pinggiran kota. Karena dengan begitu, bisa menyesuaikan dengan budget yang dimiliki. Seperti halnya yang bertempat di Jabodetabek bisa memilih Depok, Bekasi, atau Bogor.

3. Memilih Cicilan dengan Durasi yang Panjang

Cara menabung untuk beli rumah dengan gaji 3 juta selanjutnya yaitu memperhatikan masa cicilan rumah. Tenor atau durasi yang panjang memungkinkan proses menabung lebih maksimal, semisal 30 tahun. Sehingga bisa fokus tanpa memikirkan diburu oleh cicilan. Carilah juga besaran yang murah dan tidak memberatkan. Perhatikan perubahan suku bunga setiap tahunnya.

4. Memilih KPR yang Sesuai Kondisi Keuangan

Setelah berhasil mengumpulkan DP untuk membeli rumah, langkah berikutnya yaitu menentukan program KPR. Banyak sekali jenis Kredit Kepemilikan Rumah yang ditawarkan. Untuk pemilik gaji 3 juta, diharuskan untuk memilih yang murah dan sesuai keuangan. Carilah berbagai informasi dan rekomendasi. Disarankan cicilan untuk setiap bulannya tidak lebih besar dari 30% pendapatan.

5. Membeli Rumah Subsidi

Untuk membantu para penerima gaji pas-pasan, pemerintah sudah menyediakan rumah subsidi secara khusus. Biasanya, rumah yang disediakan yaitu bertipe 36 sampai 72. Harga hunian yang ditawarkan juga lebih murah, yaitu antara Rp120 hingga Rp140 juta. Rumah ini bisa didapatkan dengan dua syarat, yaitu:

  • Yang pertama, calon pembeli sudah bekerja lebih dari satu bulan
  • Kedua, pendapatan yang diterima tidak lebih dari empat juta rupiah.

6. Menabung dengan Konsisten

Rumah bisa diperoleh dengan segera jika proses menabung dilakukan dengan konsisten. Dana yang ditabung harus sama setiap bulannya. Rancangan keuangan yang telah dibuat juga harus selalu dipatuhi. Jangan sampai dana yang seharusnya dialokasikan membeli rumah malah digunakan untuk keperluan lain.

TRENDING :  Kata-Kata Trading: Inspirasi untuk Meraih Kesuksesan dalam Dunia Perdagangan

7. Melakukan Investasi

Cara terakhir ini bisa dikatakan penting. Rumah memang bisa didapatkan dengan menabung secara konsisten. Tapi lebih baik lagi jika melakukan investasi atau kegiatan usaha yang lain. Sehingga pemasukan yang diperoleh tidak hanya berasal dari satu sisi saja. Lakukan investasi yang mudah dan tidak memiliki resiko besar bagi pemula.

Itulah cara menabung untuk beli rumah dengan gaji 3 juta yang mungkin bisa dilakukan. Agar keinginan tersebut bisa segera terwujud, lakukan semuanya dengan sungguh-sungguh dan konsisten. Jangan sampai niat memiliki hunian terhalang oleh keinginan-keinginan yang lain.

About Firma Wati

Check Also

Cara Menghasilkan Uang dari Contoh Trading yang Menguntungkan

Cara Menghasilkan Uang dari Contoh Trading yang Menguntungkan

Contoh Trading: Mengenal Lebih Dekat Dunia Perdagangan Saham Hai, pembaca yang budiman! Apakah kamu pernah …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *