Berikut Cara Bayar Pajak Mobil Online Dari Smartphone

Berikut Cara Bayar Pajak Mobil Online Dari Smartphone

Berikut Cara Bayar Pajak Mobil Online Dari Smartphone

Membayar pajak merupakan kewajiban negara Indonesia, salah satunya adalah pajak mobil yang harus dibayar setiap tahunnya. Ada solusi cerdas bagi yang ingin membayar pajak mobil di masa pandemi Covid-19 ini, yaitu secara online bahkan dengan aplikasi ini Anda dapat melakukan pengecekan pajak mobil secara online langsung dari smartphone Anda.

Sehingga tidak perlu datang ke kantor Samsat terdekat untuk mendaftar dan menunggu proses pembayaran pajak tahunan mobil. Karena membayar pajak mobil secara online merupakan solusi terbaik untuk mengurangi pertemuan dengan banyak orang guna mencegah penularan virus Corona/COVID-19.

Di saat seperti ini, memang sangat tepat jika kita memanfaatkan perkembangan teknologi solusi metode pembayaran seperti proses pembayaran pajak mobil secara online dari smartphone, tidaklah sulit. Ada beberapa syarat yang harus kamu persiapkan jika ingin mencoba cara ini, antara lain:

Syarat Bayar Pajak Mobil Online

Persyaratan yang harus anda siapkan adalah sebagai berikut (diberitakan dari website Badan Pendapatan Daerah Provinsi Jawa Barat):

  1. Status kendaraan yang akan dibayar pajak tahunannya tidak dalam status kendaraan yang dibatasi atau keterangan kepemilikan yang dibatasi
  2. Anda sebagai wajib pajak harus memiliki nomor telepon dan ponsel yang aktif (untuk menerima kode pembayaran yang dikirim melalui SMS nanti)
  3. Wajib Pajak memiliki nomor rekening tabungan dan kartu ATM di Bank BJB, Bank BNI atau Bank BCA
  4. Berlaku untuk membayar pajak STNK selama satu tahun
  5. Tidak berlaku untuk pembayaran pajak kendaraan bersamaan dengan perubahan STNK (5 tahun)
  6. Masa berlaku pajak yang dapat dibayar kurang dari enam bulan sejak tanggal jatuh tempo
  7. Wajib Pajak adalah orang pribadi sehingga tidak mengatasnamakan perusahaan (bukan juga badan usaha/perusahaan/badan sosial).

Langkah-Langkah Membayar Pajak Mobil Online

Langkah pertama install aplikasi Samsat Daring Nasional terlebih dahulu dari Playstore (masih untuk pengguna Android, untuk pengguna iOS/iPhone belum tersedia). Kemudian buka aplikasi Samsat Online Nasional dan klik menu “Daftar” agar dapat melanjutkan proses pembayaran pajak online.

  • Setelah menekan tombol, akan muncul pop-up notifikasi seperti “Alert, label validasi TBPKP/SKPD dan STNK akan dikirimkan ke alamat yang tertera di STNK,”
  • Terdapat pilihan persetujuan dan penolakan Jika ingin melanjutkan pembayaran pajak secara online, klik tombol OK.
  • Kemudian akan muncul form yang harus diisi oleh wajib pajak yaitu nomor polisi, NIK dan 5 digit terakhir nomor rangka, nomor telepon dan email
  • Sebelum mengklik “Lanjutkan”, pastikan terlebih dahulu bahwa Anda telah mengisi informasi dengan benar.
  • Jika data sudah benar, akan ditampilkan data lengkap terkait kendaraan yang akan dibayar pajaknya dan jumlah pajak yang harus dibayar
  • Kemudian Anda tinggal menekan tombol “OK” untuk mendapatkan kode pembayaran. Token pembayaran digunakan sebagai token pembayaran untuk alat pembayaran elektronik yang bekerja sama.
  • Jika kode pembayaran sudah diterbitkan, Anda tinggal membayar menggunakan ATM atau Mobile Banking. Yang perlu Anda ingat adalah kode pembayaran aktif hanya berlaku selama 2 jam
  • Setelah pembayaran dilakukan, E-TBPKP akan dikirim ke pemilik oleh Samsat dan berlaku selama 30 hari sejak hari pembayaran.
  • Dalam waktu 30 hari, pemilik tetap wajib datang ke Samsat untuk validasi STNK dan aplikasi TBPKP/SKPD asli berdasarkan E-TBPKP atau bukti pembayaran.
TRENDING :  R15 V3 Modifikasi Keren yang Bikin Mata Makin Melek

Oleh karena itu, Anda tetap harus datang ke kantor Samsat, namun hanya untuk melakukan sertifikasi STNK dan aplikasi TBPKP/SKPD asli berdasarkan E-TBPKP atau bukti pembayaran. Anda tidak perlu lagi menunggu lama dengan aplikasi ini, Anda dapat membayar pajak mobil secara online dan memeriksa pajak mobil secara online.

About administrator

Check Also

Hyundai Santa Cruz, kabin ganda bergaya SUV modern

Hyundai Santa Cruz, kabin ganda bergaya SUV modern

Hyundai Santa Cruz, kabin ganda bergaya SUV modern Hyundai pun akhirnya tergiur untuk mengikuti bagian …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *