Begini Cara Merubah HGB Ke SHM

Begini Cara Merubah Sertifikat HGB Ke SHM

Begini Cara Merubah Sertifikat HGB Ke SHM

Hati-hati Sertifikat Tanah dari Hak pakai konstruksi (HGB) Sertifikat kepemilikan (SHM) sangat sederhana, sehingga Anda tidak perlu menggunakan tangan kedua atau broker.

Jadi tanah Anda masih bersertifikat HGB dan Anda harus segera beralih ke Sertifikat SHM karena SHM memiliki kekuatan hukum lebih dari HGB.

HGBB sendiri berarti menyewakan tanah kepada negara, sehingga sertifikat ini harus diperbaharui dalam jangka waktu tertentu. Sementara itu, SHM adalah sertifikat kepemilikan yang dirahasiakan.

Persyaratan dokumen

Untuk mempertahankan kenaikan sertifikat HGB untuk SHM Anda harus menyerahkan persyaratan dokumentasi berikut ke Badan Pertanahan Nasional (BPN) terdekat.

  1. Fotokopi KTP pemohon.
  2. Fotokopi kartu keluarga.
  3. Otorisasi yang berwenang.
  4. Surat dari kreditur yang berwenang (jika ada beban jaminan).
  5. Fotokopi SPPT PBB tahun lalu.
  6. sertifikat HGB.
  7. fotokopi IMB.
  8. Sertifikat Konversi Properti dari HGB ke Sertifikat SHM yang dikeluarkan oleh Lukas atau Kepala Desa.

Cek Syarat dan Biaya Pembuatan Sertifikat TanahSetelah semua dokumen lengkap, Anda hanya perlu pergi ke kantor BPN setempat. Berikut adalah langkah-langkah yang perlu Anda ambil:

  1. Kirim file

Kunjungi loket layanan dan masukkan semua persyaratan untuk mengonversi sertifikat HGB ke SHM.

  1. Isi formulir

Anda kemudian akan diminta untuk mengisi formulir aplikasi yang harus ditandatangani.

Mencakup pernyataan yang menyatakan bahwa tanah atau properti tersebut tidak sedang dalam sengketa dengan luas tanah yang ada, bahwa tanah tersebut dikuasai dan bahwa Anda tidak memiliki lebih dari lima bidang tanah untuk ditinggali. .

  1. Lakukan pembayaran

Kemudian letakkan pembayaran di konter. Selain biaya pendaftaran, Anda juga harus membayar Pejabat Pembuat Dokumen Tanah (PPAT), Pembayaran Pembelian Hak atas Tanah dan Konstruksi (BPHTB), biaya pengukuran dan biaya lainnya. Mendapatkan laporan Untuk lebih dari 600 meter persegi tanah.

Sertifikasi SHM biasanya tersedia dalam lima hari kerja.

Kata KunciCara Mengurus Sertifikat Tanah -Shm Adalah -Sertifikat Tanah Gratis -Sertifikat Tanah Elektronik -Sertifikat Tanah -Sertifikat Rumah Asli -Sertifikat Rumah -Sertifikat Hak Milik -Sertifikat Hak Guna Bangunan-Hgb Ke Shm -Akta Tanah -Cara Membuat Sertifikat Tanah Online -Cara Membuat Sertifikat Tanah -Biaya Sertifikat Tanah 2021 -Biaya Sertifikat Tanah -Biaya Pembuatan Sertifikat Tanah 2021 -Biaya Pembuatan Sertifikat Tanah 2020 -Biaya Pembuatan Sertifikat Tanah -Biaya Membuat Sertifikat Tanah -Biaya Ajb Ke Shm -
TRENDING :  Bantuan PIP 2021 Senilai Rp1 Juta Dibuka Kembali Untuk Anak Sekolah, Simak Cara Daftar

About administrator

Check Also

Selamat! Artinya Kamu Telah Berhasil

Selamat! Artinya Kamu Telah Berhasil

Selamat! Anda baru saja menemukan halaman yang tepat untuk mengucapkan selamat kepada seseorang yang spesial! …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *