Cara Mengatasi Laptop Tidak Bisa Nyala Tapi Lampu Indikator Hidup

Cara Mengatasi Laptop Tidak Bisa Nyala Tapi Lampu Indikator Hidup

Cara Mengatasi Laptop Tidak Bisa Nyala Tapi Lampu Indikator Hidup

Pernahkah Anda mengalami masalah seperti laptop mati mendadak, layar biru, atau laptop tidak menyala tapi lampu charger menyala? Ini benar-benar mengesalkan dan emosional, terutama ketika Anda benar-benar membutuhkan laptop untuk menyelesaikan tugas-tugas penting.

Tapi jangan emosi sampai merusak laptop, karena bisa jadi masalah laptop anda adalah kelalaian anda sendiri, seperti: penggunaan lembur, sering digunakan untuk menonton drama korea, tidak menggunakan kipas pendingin di bawah, tetapi menggunakan bantal untuk bersirkulasi udara tidak akan bekerja.

Anda harus tetap tenang, karena masalah seperti laptop tidak bisa hidup tapi lampu charger menyala belum tentu kerusakan yang serius.Mungkin tips yang dijelaskan di Beritaplanet.com di bawah ini bisa membantu mengatasi masalah tersebut tanpa harus membawanya ke pusat layanan.

Tips Mengatasi Laptop Tidak Bisa Nyala

Secara umum, laptop yang tidak dapat dihidupkan adalah masalah catu daya (listrik/adaptor/baterai). Apakah ada masalah dengan stopkontak atau adaptornya rusak. Mungkin juga layarnya baru saja rusak. Dan kali ini beritaplanet.com akan membahas masalah komputer dan laptop tidak menyala tapi lampu charger menyala.

Ini juga bisa disebut pertolongan pertama (pertolongan pertama pada laptop rusak), terutama bagi yang bukan ahli IT. Lalu apa yang harus dilakukan untuk menghadapi hal seperti itu? Simak tips berikut dan cara mengatasinya:

Kerusakan pada Hardisk Laptop

Beberapa laptop tidak dapat dihidupkan, mungkin karena hard drive Anda rusak. Biasanya jika hardisk rusak, saat laptop dihidupkan akan muncul layar kosong dan menunjukkan bahwa hardisk tidak terdeteksi. Jika masih tidak percaya, coba bongkar laptop dan bersihkan hardisk, lalu hidupkan kembali laptop.

Jika hasilnya tetap sama atau tidak bisa booting berarti harddisk yang digunakan rusak dan anda harus menggantinya dengan harddisk yang baru. Perlu diperhatikan jika komputer notebook tidak menyala karena harddisk rusak yaitu notifikasi atau peringatan yang muncul saat komputer notebook dihidupkan.

Masalah Pada Baterai Laptop

Jangan panik saat menghadapi hal tersebut, hal tersebut bisa saja disebabkan oleh hal-hal kecil seperti baterai atau power supply laptop yang mati.

Biasanya hal ini terjadi saat laptop masih dalam keadaan menyala dan Anda tidak menyadari bahwa baterai laptop hampir habis.

Oleh karena itu, ketika tiba-tiba mati, layar laptop Anda juga akan mati, tetapi lampu daya akan tetap menyala, terkadang berubah menjadi merah. Tentunya untuk mengatasi masalah ini, sambungkan laptop ke charger.

Masalah RAM

Saat Anda mulai menggunakan laptop dan menghubungkan adaptor/charger sebagai sumber listrik, indikator charger akan otomatis menyala. Berarti powernya normal ya, tapi pas di pencet tombol power laptop ga ada respon sama sekali, dan layar selalu hitam.

Apa yang harus diperiksa terlebih dahulu? Mungkin ada masalah dengan RAM laptop, apakah itu rusak atau kotor. Untuk laptop dengan masalah RAM, fitur yang menyebabkan laptop gagal menyala adalah lampu indikator menyala dan mesin terasa enak (saat dihidupkan).

Yang bisa dilakukan langkah awal ini adalah melepas memory laptop dan membersihkan pin memory dengan penghapus pensil, kemudian coba pasang kembali dengan sempurna dan coba hidupkan kembali laptop dengan menekan tombol power.

Bagaimana hasilnya? Jika laptop tetap tidak mau menyala atau tidak ada tampilan apapun di layar, kemungkinan ada masalah dengan RAM laptop. Namun jangan langsung menilai kerusakannya, karena bisa jadi berasal dari perangkat lain yang bermasalah, seperti prosesor atau motherboard.

TRENDING :  Aplikasi Live Streaming PC: Memungkinkan Anda Mengalirkan Konten Langsung di Komputer

Prosesor

Prosesor ini adalah perangkat terpenting dalam sistem komputer, bisa juga dikatakan sebagai otak, jika prosesor rusak, sistem di dalamnya tidak boleh bekerja, dan laptop secara otomatis akan gagal untuk boot.

Cara pengecekan ini lebih rumit dari pada pengecekan RAM, karena jika ingin membersihkan processor harus sangat berhati-hati. Pin ini sangat kecil, dan jika Anda memaksanya untuk menariknya, pin ini dapat dengan mudah bengkok atau patah. Cobalah untuk mulai membersihkan debu pada prosesor dan radiator, dan jangan lupa untuk memeriksa ventilasi knalpot laptop, biasanya ada banyak debu yang mengendap di sana.

Cara selanjutnya adalah membersihkan pasta solder/hot iso pada prosesor.Jika terlihat kering atau rusak, ganti dengan pasta solder yang baru setelah dibersihkan agar performanya lebih baik. Jika kedua cara ini masih gagal dibuka, maka kami sarankan untuk membawanya ke service atau service center laptop agar lebih formal. Karena ada kemungkinan lain motherboard rusak.

Kenapa laptop tidak menyala saat ditekan tombol power ?

cara mengatasi laptop tidak bisa nyala tapi lampu power hidup

Cara Mengatasi Laptop Tidak Menyala Saat ditekan Tombol Power

Nah, jika Anda memiliki masalah dengan laptop Anda, seperti laptop tidak mau hidup ketika Anda menekan tombol power, jangan berasumsi bahwa Windows akan crash, karena hal seperti itu biasanya masalah hardware.

Alasan pertama yang dapat dianalisis adalah tombol power rusak atau perangkat keras internal (seperti motherboard, hard drive, RAM, prosesor, catu daya, atau perangkat keras lainnya) mungkin bermasalah.

Tentu saja, ketika Anda mengalami masalah seperti itu dan Anda tidak memiliki keahlian untuk memeriksa/mengganti perangkat keras baru, yang terbaik adalah membawanya ke pusat layanan laptop.

Kata Kuncilampu indokator hardisk tidak menyala-Cara memperbaiki laptop mati tapi lampu indikator listrik menyala-Cara Memperbaiki Laptop Tidak Bisa Nyala -Cara Mengatasi Laptop Sleep Tidak Bisa Nyala -Cara Mengatasi Laptop Sleep Tidak Bisa Nyala Windows 10 -Cara Mengatasi Laptop Tidak Bisa Menyala -Cara Mengatasi Laptop Tidak Bisa Nyala -Cara Mengatasi Laptop Tidak Bisa Nyala Asus -Cara Mengatasi Laptop Tidak Bisa Nyala Tanpa Di Charge -Cara Mengatasi Laptop Tidak Bisa Nyala Tapi Lampu Charger Hidup -Cara Mengatasi Laptop Tidak Bisa Nyala Tapi Lampu Power Hidup -Cara Mengatasi Laptop Tidak Bisa Nyala Tapi Lampu Power Hidup Asus-Cara Mengatasi Laptop Toshiba Tidak Bisa Nyala -lampu hardisk tidak nyala-

About administrator

Check Also

Cara Download Windows 10 dengan Mudah dan Inspiratif!

Cara Download Windows 10 dengan Mudah dan Inspiratif!

Cara Download Windows 10 dengan Mudah dan Inspiratif! Hai teman-teman, mari kita mulai petualangan download …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *