saturasi oksigen normal dewasa

Berapakah Saturasi Oksigen Normal? Berikut Cara Mengukur Oksigen

Berapakah Saturasi Oksigen Normal? Berikut Cara Mengukur Oksigen

Saturasi oksigen normal menjadi hal yang sangat penting, terutama di masa pandemi Covid-19. Pasalnya, saturasi oksigen banyak pasien Covid-19 yang menurun. Jadi, apa itu saturasi oksigen dan apa itu saturasi oksigen normal?

Saturasi oksigen merupakan parameter penting untuk menentukan kandungan oksigen dalam darah. Dikutip dari News Medical Life Sciences, saturasi oksigen mengukur persentase hemoglobin teroksigenasi (oxygen-bound hemoglobin) dalam darah, yang dinyatakan dalam saturasi oksigen arteri (SaO2) dan saturasi oksigen vena (SvO2).

Saturasi oksigen SaO2 normal untuk orang dewasa adalah 95-100%. Nilai di bawah 90% dianggap saturasi oksigen rendah dan membutuhkan suplai oksigen eksternal.

Cara mengukur saturasi oksigen

Pengukuran saturasi oksigen sangat penting bagi pasien yang kondisi kesehatannya mengurangi kandungan oksigen dalam darah.

Kondisi ini termasuk penyakit paru obstruktif kronik (PPOK), asma, pneumonia, kanker paru-paru, anemia, gagal jantung, serangan jantung, dan penyakit jantung dan paru-paru lainnya.

Ada dua cara untuk mengukur saturasi oksigen, yaitu dengan menggunakan oksimeter dan analisis gas darah. Metode yang paling umum untuk mengukur saturasi oksigen adalah oksimeter. Oksimeter adalah metode yang sederhana dan tidak menyakitkan. Pengukur saturasi oksigen ini berbentuk klip dan diletakkan di ujung jari atau daun telinga. Kemudian, saturasi oksigen diukur menggunakan sinar inframerah yang diserap oleh darah.

Pada saat yang sama, analisis gas darah adalah metode lain untuk mengukur saturasi oksigen dengan mengukur kadar oksigen dan karbon dioksida dalam darah. Hasil analisis gas darah lebih akurat daripada oksimeter karena dilakukan di rumah sakit dan dilakukan oleh tenaga medis profesional.

Untuk mengukur saturasi oksigen, darah dapat diambil dari pergelangan tangan (analisis gas darah arteri) atau daun telinga (analisis gas darah kapiler).

Analitis gas darah khususnya dipakai untuk memastikan apa paru-paru mempunyai peranan transisi oksigen dan karbon dioksida secara efisien.

Apa yang terjadi ketika saturasi oksigen turun?

Saturasi oksigen di bawah normal didefinisikan sebagai hipoksemia. Hipoksemia dapat disebabkan oleh komplikasi kardiopulmoner, sleep apnea, obat-obatan tertentu, dan ketinggian.

Gejala hipoksemia yang paling umum termasuk sakit kepala, detak jantung cepat, batuk, sesak napas, mengi, kebingungan, dan kulit biru dan selaput lendir (sianosis).

Sianosis adalah kondisi patologis yang ditandai dengan saturasi oksigen yang sangat rendah. Ada dua jenis sianosis, yaitu sianosis sentral dan sianosis perifer. Pada sianosis sentral, tingkat saturasi oksigen turun di bawah 85%, menghasilkan warna kebiruan yang terlihat di seluruh kulit dan selaput lendir.

Pada sianosis perifer, yang biasanya terjadi karena peningkatan pengambilan oksigen oleh jaringan perifer, warna biru hanya muncul di bagian perifer tubuh, seperti tangan dan kaki.Penyebab paling umum dari sianosis perifer termasuk stasis vena atau paparan kondisi yang sangat dingin.

Bagaimana cara meningkatkan saturasi oksigen yang rendah?

Ketika saturasi oksigen turun menjadi normal pada titik kritis, perawatan oksigen eksternal tambahan harus dilakukan. Tetapi, untuk keadaan ringan sampai sedang, ada cara-cara alami untuk tingkatkan saturasi oksigen darah. Misalkan, latihan fisik tiap hari bisa tingkatkan kemampuan transisi gas paru-paru dan menahan hipoksemia.

TRENDING :  GG Artinya di Dalam Game, Apa sih?

Namun, penting untuk berkonsultasi dengan dokter sebelum memulai program olahraga atau mengubah program olahraga harian. Pola makan yang sehat dan seimbang juga membantu meningkatkan saturasi oksigen darah.

Ini karena kekurangan zat besi adalah salah satu alasan utama saturasi oksigen rendah. Makan makanan kaya zat besi seperti ikan, daging, lentil, kacang mete, dan kacang merah dapat membantu.

Kata KunciSaturasi Oksigen Normal Covid -Saturasi Oksigen Normalnya Berapa -Saturasi Oksigen Normal Tapi Sesak -Saturasi Oksigen Normal Saat Tidur -Saturasi Oksigen Normal Pada Bayi -Saturasi Oksigen Normal Orang Tua -Saturasi Oksigen Normal Lansia -Saturasi Oksigen Normal Dewasa Berapa -Saturasi Oksigen Normal Dewasa -Alat Ukur Saturasi Oksigen -Saturasi Oksigen Normal Anak -Saturasi Oksigen Normal Adalah -Saturasi Oksigen Normal -Cara Ukur Saturasi Oksigen Manual-Cara Ukur Saturasi Oksigen Lewat Hp -Cara Ukur Saturasi Oksigen -Cara Mengukur Saturasi Oksigen -Alat Ukur Saturasi Oksigen Terbaik -

About administrator

Check Also

Download Aplikasi Penerima Bansos 2023

Download Aplikasi Penerima Bansos 2023

Cek Nama Penerima Bansos ! Aplikasi Cek Bansos 2023 Kementerian Sosial membuat kemajuan terbaru dengan …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *