Siapa Itu Who?
Siapa Itu Who?

Siapa Itu Who?

Hai semuanya, apa kabar? Pada kesempatan kali ini, saya ingin membahas tentang Who. Who merupakan kata yang sering kita dengar dalam bahasa Inggris dan memiliki banyak makna. Dalam bahasa Inggris, Who dapat diartikan sebagai siapa. Namun, Who juga digunakan dalam banyak konteks seperti organisasi, musik, dan film. Dalam paragraf ini, kita akan membahas lebih lanjut tentang Who dalam konteks yang berbeda-beda.

Jika kita berbicara tentang organisasi, Who seringkali digunakan untuk merujuk pada Organisasi Kesehatan Dunia atau World Health Organization (WHO). Organisasi ini didirikan pada tahun 1948 dan saat ini berkantor pusat di Jenewa, Swiss. WHO bertanggung jawab dalam mengoordinasikan program kesehatan global dan memberikan dukungan teknis dalam bidang kesehatan pada negara-negara di seluruh dunia. Dalam konteks ini, Who menjadi sebuah singkatan dari organisasi yang sangat penting bagi kesejahteraan manusia.

Selain itu, Who juga seringkali kita dengar dalam dunia musik. Kita pasti sudah tidak asing lagi dengan band legendaris asal Inggris, The Who. The Who didirikan pada tahun 1964 dan terdiri dari Roger Daltrey, Pete Townshend, John Entwistle dan Keith Moon. Mereka terkenal dengan gaya musik rock and roll yang enerjik dan lirik yang berani. Beberapa lagu terkenal dari The Who adalah My Generation, Baba O’Riley, dan Pinball Wizard. Dalam konteks ini, Who menjadi nama dari sebuah band yang menginspirasi banyak orang dan menjadi legenda dalam dunia musik.

Tidak hanya itu, Who juga seringkali digunakan dalam dunia perfilman. Siapa yang tidak kenal dengan film-film bergenre fiksi ilmiah seperti Doctor Who dan The X-Files? Doctor Who adalah sebuah serial televisi Inggris yang pertama kali ditayangkan pada tahun 1963 dan masih terus diproduksi hingga saat ini. Serial ini mengisahkan tentang perjalanan seorang Time Lord bernama Doctor Who yang menggunakan mesin waktu bernama TARDIS untuk melakukan petualangan di berbagai era dan planet. Sementara The X-Files adalah sebuah serial televisi Amerika yang pertama kali ditayangkan pada tahun 1993 dan menjadi salah satu serial televisi paling populer pada masanya. Serial ini mengisahkan tentang agen FBI Fox Mulder dan Dana Scully yang menyelidiki berbagai kasus yang tidak dapat dijelaskan secara ilmiah. Dalam konteks ini, Who menjadi nama dari sebuah karakter dan judul sebuah film atau serial televisi.

Itulah tadi beberapa contoh tentang penggunaan Who dalam konteks yang berbeda-beda. Dari organisasi kesehatan, band musik, hingga film dan serial televisi. Bagaimana, sudah paham kan? Jangan ragu untuk berbagi di kolom komentar jika ada yang ingin ditanyakan atau diketahui lebih lanjut. Terima kasih sudah membaca!

Apa itu WHO?

WHO adalah singkatan dari World Health Organization atau Organisasi Kesehatan Dunia. Organisasi ini didirikan pada tahun 1948 dan merupakan badan kesehatan dunia yang bertanggung jawab dalam menjaga kesehatan masyarakat dunia.

Tugas dan Fungsi WHO

WHO bertugas untuk mempromosikan kesehatan, mencegah dan mengendalikan penyakit, serta meningkatkan taraf kesehatan masyarakat di seluruh dunia. Organisasi ini juga bekerja sama dengan negara-negara anggota untuk memperbaiki sistem kesehatan dan memberikan akses pelayanan kesehatan yang lebih baik bagi seluruh masyarakat dunia.

Struktur WHO

WHO dipimpin oleh seorang direktur jenderal yang terpilih dari para ahli kesehatan dunia. Ada juga sidang umum yang terdiri dari seluruh negara anggota WHO dan sebuah dewan eksekutif yang terdiri dari 34 anggota negara anggota WHO yang terpilih.

Keberhasilan WHO

WHO telah memberikan banyak kontribusi dalam dunia kesehatan masyarakat. Beberapa keberhasilan WHO antara lain adalah suksesnya program imunisasi, penanggulangan epidemi flu burung, serta pengendalian penyebaran Ebola di Afrika Barat. WHO juga terus melakukan upaya-upaya untuk mengatasi masalah kesehatan global seperti obesitas, penyalahgunaan obat, dan penyakit menular.

Read more:

Dalam rangka memperkuat upaya-upaya pencegahan dan penanggulangan COVID-19, WHO juga telah memberikan banyak informasi terkait pandemi ini, termasuk cara pencegahan dan pengendalian penyebaran virus corona.

WHO merupakan badan kesehatan dunia yang memiliki peran penting dalam menjaga kesehatan masyarakat global. Dalam menjalankan fungsinya, WHO bekerja sama dengan negara-negara anggota untuk memperbaiki sistem kesehatan dan memberikan akses pelayanan kesehatan yang lebih baik bagi seluruh masyarakat dunia. WHO telah memberikan banyak kontribusi dalam dunia kesehatan masyarakat dan terus melakukan upaya-upaya untuk mengatasi masalah kesehatan global.

Penggunaan “Who” dalam Kalimat

Apa itu “Who”?

“Who” adalah kata tanya yang digunakan untuk menanyakan identitas seseorang atau sesuatu. Kata ini biasanya digunakan untuk menanyakan nama orang atau untuk menanyakan informasi tentang orang tersebut.

Contoh Penggunaan “Who”

Berikut adalah beberapa contoh penggunaan “who” dalam kalimat:

1. Who is your best friend? (Siapa sahabatmu?)

2. Who won the game? (Siapa yang menang dalam permainan tersebut?)

3. Who is the CEO of this company? (Siapa CEO dari perusahaan ini?)

Penggunaan “Who” dalam Kalimat Tanya

“Who” digunakan pada kalimat tanya untuk menanyakan identitas seseorang atau sesuatu. Biasanya, “who” digunakan di awal kalimat untuk menanyakan nama seseorang.

Contoh:

“Who is the person standing over there?” (Siapa orang yang berdiri di sana?)

TRENDING :  Savage Artinya: Makna dan Penggunaan dalam Bahasa Gaul

Penggunaan “Who” sebagai Subjek Kalimat

“Who” juga dapat digunakan sebagai subjek kalimat. Dalam hal ini, “who” digunakan untuk menggantikan orang atau benda yang dimaksud dalam kalimat sebelumnya.

Contoh:

“The person who won the game is my friend.” (Orang yang menang dalam permainan tersebut adalah temanku.)

“The man who is wearing a black hat is my father.” (Pria yang memakai topi hitam adalah ayahku.)

Dalam bahasa Inggris, “who” digunakan untuk menanyakan identitas seseorang atau sesuatu, serta digunakan sebagai subjek kalimat. Dalam penggunaannya, penting untuk memperhatikan konteks dan posisi kata “who” dalam kalimat.

Who dan Whom: Apa Bedanya?

Ketika kita berbicara tentang bahasa Inggris, terdapat banyak aturan tata bahasa yang harus diikuti. Salah satunya adalah penggunaan kata tanya “who” dan “whom”. Namun, seringkali kita bingung untuk membedakan keduanya. Berikut adalah perbedaan di antara kedua kata tersebut.

1. Penggunaan “Who”

Kata tanya “who” digunakan ketika kita ingin menanyakan identitas atau informasi tentang seseorang. Contohnya:

  • Who is your best friend?
  • Who is the winner of the competition?

Perlu diingat bahwa kata “who” selalu digunakan sebagai subjek kalimat, yang artinya ia berfungsi sebagai pelaku dalam kalimat tersebut.

2. Penggunaan “Whom”

Sementara itu, kata tanya “whom” digunakan ketika kita ingin menanyakan objek dari suatu kalimat. Contohnya:

  • Whom do you love?
  • To whom are you talking?

Dalam kedua kalimat di atas, “whom” berfungsi sebagai objek dari kata kerja “love” dan “talking”.

3. Cara Mudah Membedakan Keduanya

Jika Anda masih bingung membedakan antara “who” dan “whom”, ada cara mudah untuk mengingatnya. Coba ganti kata tanya tersebut dengan kata ganti “he/him” atau “she/her”. Jika kata ganti yang tepat adalah “he” atau “she”, maka gunakanlah “who”. Namun, jika kata ganti yang tepat adalah “him” atau “her”, maka gunakanlah “whom”.

Sekarang, sudah jelas bukan perbedaan antara “who” dan “whom”? Semoga penjelasan ini bermanfaat bagi Anda yang sedang belajar bahasa Inggris!

Contoh Kalimat dengan “Who”

Informal: Candaan dengan Teman

– Who ngasih makan kucing lo hari ini?

– Yang beli makanan kucing, kan lu yang suruh!

– Lu tau gak, who yang nge-like foto lu di Instagram?

– Serius? Yang mana nih?

Informal: Tanya Jawab dengan Orang yang Baru Dikenal

– Hi, nama gue Andi. Lu siapa?

– Gue Rini. Nice to meet you, Andi.

– Nice to meet you too, Rini. So, who are you hanging out with today?

– I’m here with my sister. What about you?

– I’m with my best friend. We’re just exploring the city.

Informal: Tanya Jawab di Kelas Bahasa Inggris

– Who is your favorite musician, Deni?

– I really like Ed Sheeran. His songs are really catchy.

– Oh, I see. What about you, Maya? Who is your favorite actor?

– I love Tom Holland. He’s so cute and he plays Spiderman really well.

– Yeah, he’s a great actor. What about you, Fajar? Who is your favorite author?

– I’m a big fan of J.K. Rowling. I love the Harry Potter series.

Informal: Tanya Jawab tentang Olahraga

– Who do you think will win the basketball game tonight?

– I’m rooting for the Lakers. They have a really strong team this year.

– Yeah, but don’t underestimate the Warriors. They’ve won a lot of championships in the past.

– That’s true. It’s going to be a tough game.

Demikianlah beberapa contoh kalimat dengan “Who” dalam bahasa Inggris yang digunakan secara informal. Semoga bermanfaat!

Cara Menggunakan “Who” dengan Benar

Pengenalan

Who merupakan kata tanya yang digunakan untuk menanyakan identitas seseorang. Penggunaan kata who sangat umum dalam bahasa Inggris, dan jika kamu ingin menguasai bahasa Inggris, maka kamu perlu memahami cara menggunakan who dengan benar. Berikut ini adalah 5 cara menggunakan who dengan tepat.

Cara 1: Menanyakan Nama Orang

Ketika kamu bertemu dengan seseorang yang baru, kamu bisa menanyakannya dengan menggunakan who, misalnya “Who are you?” atau “What’s your name?”.

Cara 2: Menanyakan Identitas Orang Tertentu

Ketika kamu ingin mengetahui identitas seseorang yang tidak kamu kenal, kamu bisa menanyakannya dengan menggunakan who, misalnya “Who is the person in the red shirt?” atau “Who is the owner of this car?”.

Cara 3: Menanyakan Informasi Keanggotaan

Ketika kamu ingin mengetahui apakah seseorang menjadi anggota suatu kelompok atau organisasi, kamu bisa menanyakannya dengan menggunakan who, misalnya “Who is a member of this club?” atau “Who belongs to this group?”.

Cara 4: Menanyakan Identitas Orang Yang Sedang Dicari

Ketika kamu mencari seseorang dan ingin mengetahui identitasnya, kamu bisa menanyakannya dengan menggunakan who, misalnya “Who is the person I’m looking for?” atau “Who is the owner of this phone number?”.

Cara 5: Menanyakan Identitas Orang Yang Membuat Sesuatu

Ketika kamu melihat suatu karya atau produk dan ingin mengetahui siapa yang membuatnya, kamu bisa menanyakannya dengan menggunakan who, misalnya “Who made this cake?” atau “Who designed this building?”.

Itulah 5 cara menggunakan who dengan tepat. Dengan memahami cara menggunakannya, kamu dapat berkomunikasi dengan lebih mudah dan lancar dalam bahasa Inggris.

TRENDING :  Maksud Request

Kesalahan Umum dalam Penggunaan “Who”

1. Menggunakan “Who” untuk benda

Serius, orang suka salah menggunakan “who” untuk benda. Padahal, seharusnya “who” hanya digunakan untuk orang atau hewan yang mempunyai nama. Untuk benda, sebaiknya gunakan “which” atau “that”. Contohnya: “The car which/that I bought last month is already broken.”

2. Menggunakan “Who” untuk subjek jamak

Ini juga kesalahan yang sering terjadi. “Who” hanya digunakan untuk subjek tunggal, sedangkan untuk subjek jamak kita seharusnya menggunakan “whoever”. Contohnya: “Whoever wants to come to the party is welcome.”

3. Menggunakan “Who” untuk objek

Ini juga salah besar. “Who” hanya digunakan untuk subjek, sedangkan untuk objek kita seharusnya menggunakan “whom”. Contohnya: “Whom did you meet at the party last night?”

4. Menggunakan “Who” untuk menunjukkan kepemilikan

Jangan pernah menggunakan “who” untuk menunjukkan kepemilikan. Sebaiknya gunakan “whose” atau “of whom”. Contohnya: “Whose bag is this?” atau “The man, of whom I borrowed the money, is my uncle.”

5. Menggunakan “Who” tanpa verba

Contoh yang sering terjadi adalah ketika kita hanya menggunakan “who” tanpa diikuti oleh verb. Padahal, “who” harus selalu diikuti oleh verb. Contohnya: “Who is coming to the party?”

6. Menggunakan “Who” sebagai pengganti kata benda

Jangan menggunakan “who” sebagai pengganti kata benda seperti “what” atau “which”. Sebaiknya gunakan “that”. Contohnya: “The book that I read last night was really interesting.”

Jadi, itu tadi kesalahan umum dalam penggunaan “who”. Jangan sampai kamu salah lagi ya!

Kesimpulan tentang Penggunaan “Who” dalam Kalimat

“Who” adalah kata tanya yang digunakan untuk menanyakan identitas seseorang atau kelompok orang. Ungkapan “Who” juga bisa berarti “siapa”.

“Who” digunakan untuk menanyakan siapa yang melakukan suatu tindakan atau menjadi subjek kalimat. Kata ini sering dipakai dalam pertanyaan, baik lisan maupun tulisan, dan juga dalam klausa relatif untuk menggantikan subjek dalam kalimat yang sama.

Perbedaan antara “Who” dan “Whom” terletak pada penggunaannya sebagai subjek dan objek dalam kalimat. “Who” digunakan sebagai subjek, sedangkan “Whom” digunakan sebagai objek. Namun, penggunaan “Whom” kurang umum dalam bahasa Inggris modern karena sering dianggap kaku dan formal, dan sekarang lebih sering diganti dengan “Who”.

Berikut adalah contoh kalimat dengan “Who”:

  1. “Who is the president of Indonesia?” (Siapa presiden Indonesia?)
  2. “She is the person who helped me.” (Dia adalah orang yang membantu saya.)
  3. “Do you know who I am?” (Apakah kamu tahu siapa saya?)

Untuk menggunakan “Who” dengan benar, pastikan kata ini digunakan sebagai subjek kalimat atau dalam klausa relatif yang menggantikan subjek. Jangan gunakan “Who” sebagai objek dalam kalimat.

Beberapa kesalahan umum dalam penggunaan “Who” adalah salah memilih antara “Who” dan “Whom” dan salah paham dalam mengenali subjek kalimat. Oleh karena itu, penting bagi kita untuk memahami perbedaan antara kedua kata dan memeriksa subjek kalimat sebelum menggunakan “Who”.

Sekian penjelasan mengenai penggunaan “Who” dalam kalimat. Semoga bermanfaat!

Sampai jumpa kembali!

About administrator

Check Also

Top CRM Software that Integrates with QuickBooks

Top CRM Software that Integrates with QuickBooks

Looking for the best CRM software that integrates with QuickBooks? Look no further! We’ve compiled …