cara melunasi hutang 10 juta
cara melunasi hutang 10 juta

Cara Melunasi Hutang 10 Juta dengan Mudah

Manajemen pengelolaan hutang yang baik dan benar sangat penting bagi orang yang sedang terjerat masalah hutang-piutang. Apalagi jika jumlahnya mencapai puluhan juta. Banyak orang yang ingin terbebas dari jeratan hutang, namun bingung dan tidak tahu caranya. Berikut ini 5 cara melunasi hutang 10 juta yang bisa dilakukan dengan mudah dan cepat:

1. Kurangi Pengeluaran dan Mulailah Hidup Hemat

Hutang merupakan bukti pengelolaan keuangan yang buruk. Hal tersebut bisa terjadi karena kebiasaan hidup boros dan tidak disiplin mengatur keuangan. Orang yang terjerat hutang sering kali tidak menyadari proses penumpukan hutang sebelum menjadi besar dan membengkak. Sedikit demi sedikit meminjam dana atau berhutang, lama-kelamaan akan semakin besar dan kesulitan membayarnya.

Cara melunasi hutang 10 juta yang pertama dan mutlak dilakukan adalah memulai hidup hemat. Apalagi bagi orang yang mempunyai penghasilan rendah. Melunasi hutang puluhan juta dengan perbandingan penghasilan jauh tidak seimbang terdengar mustahil dan sulit. Namun, jika mau memulai dengan mengganti gaya hidup, semua pasti teratasi.

Kurangi pengeluaran yang tidak perlu, misalnya, nongkrong di café atau berbelanja yang tidak perlu. Hentikan dulu kegiatan wisata dan jalan-jalan. Hindari segala bentuk perilaku konsumtif dan mulailah gaya hidup hemat. Mulailah dengan membeli barang yang benar-benar dibutuhkan, memasak makanan dan membawa bekal, atau berhemat ongkos kendaraan dengan memakai angkutan umum.

2. Tetapkan Strategi Pembayaran Hutang

Banyak orang yang terjerat hutang dan tidak mampu membayar. Salah satu penyebabnya adalah kurangnya pemahaman tentang strategi pembayaran hutang. Padahal, strategi pembayaran hutang sangat diperlukan oleh setiap orang yang merasa memiliki hutang. Hutang yang kecil memerlukan waktu yang cukup singkat untuk dilunasi, namun bagaimana jika hutang tersebut mencapai 10 juta?

Seberapa besarnya hutang, jangan ragu tidak bisa membayarnya. Tekankan dalam diri dan pikiran bahwa setiap hutang akan bisa dilunasi. Salah satu caranya dengan mengatur dan menetapkan strategi pembayaran hutang. Ada dua strategi yang bisa digunakan, antara lain bayar hutang yang memiliki nilai kecil terlebih dahulu atau lunasi yang bunganya besar.

3. Cari Penghasilan Tambahan Lewat Kerja Sampingan

Cara melunasi hutang 10 juta ataupun lebih bisa dilakukan dengan mencari tambahan penghasilan. Jika penghasilan tetap setiap gajian selalu tidak mencukupi, maka alternatif pilihannya dengan melakukan kerja sampingan. Kerja sampingan harus bisa menyesuaikan dengan waktu kerja utama agar terjadi tumpang tindih jadwal kegiatan.

Memilih jenis pekerjaan sampingan cukup mudah. Jika memungkinkan carilah pekerjaan paruh waktu, karena penghasilan dari kerja paruh waktu lumayan banyak. Selain itu, bagi yang tidak memiliki waktu fleksibel bisa menjadi reseller barang misalnya. Selain tidak membutuhkan biaya awal yang besar, seorang reseller bisa mendapatkan keuntungan finansial yang cukup tinggi.

4. Jual Barang yang Tidak Terpakai

Mendapatkan uang lebih untuk melunasi hutang sebenarnya mudah. Namun masih banyak orang yang terjerat dan tidak bisa keluar dari lingkaran setan hutang. Mengatasi hal tersebut, dianjurkan untuk melakukan perombakan gaya hidup. Selain memulai hidup hemat dengan membeli barang seperlunya, mendapat uang tambahan bisa dilakukan dengan menjual barang yang tidak perlu.

TRENDING :  Pattern Trading: Rahasia Sukses Meraup Keuntungan dari Pola Pasar

Coba lihat di sekeliling, mulai dari kamar dan barang-barang pribadi. Temukan barang-barang layak guna namun sudah tidak diperlukan. Uangkan semua barang yang kurang berfungsi disekitar, misalnya baju bekas, buku pelajaran dan novel bekas ataupun barang bekas lain yang bisa dijadikan uang.

5. Dapatkan Uang dari Persewaan Aset

Rumah atau kamar kosong, lahan bebas bangunan, serta kendaraan pribadi bisa disewakan untuk tambahan dana pelunasan hutang. Selain itu, bisa juga menyewakan barang-barang pribadi, misalnya alat musik dan perlengkapan kamera. Keuntungan dalam menyewakan barang adalah mendapatkan uang. Kumpulkan uang dan mulailah untuk melunasi hutang.

Cara melunasi hutang 10 juta susah-susah gampang. Sebenarnya banyak cara yang bisa dilakuan dan diusahakan. Namun, hal terpenting adalah konsisten dalam mengumpulkan biaya untuk melunasi seluruh hutang yang dimiliki.

About Firma Wati

Check Also

Cara Menghasilkan Uang dari Contoh Trading yang Menguntungkan

Cara Menghasilkan Uang dari Contoh Trading yang Menguntungkan

Contoh Trading: Mengenal Lebih Dekat Dunia Perdagangan Saham Hai, pembaca yang budiman! Apakah kamu pernah …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *