cara menabung untuk beli mobil
cara menabung untuk beli mobil

Cara Menabung Untuk Beli Mobil dalam Jangka Waktu 5 Tahun

Perkembangan transportasi pribadi memang kini lebih banyak dipilih dibanding transportasi umum yang tidak dapat disesuaikan dengan keinginan pemiliknya. Biasanya transportasi pribadi yang dipilih adalah motor atau mobil, namun sepertinya setiap kendaraan yang ingin dimiliki harus ditabung terlebih dahulu. Nah, ada cara menabung untuk beli mobil yang mungkin dapat menjadi pilihan dibanding membeli kredit atau second.

Kini mobil mungkin saja menjadi salah satu hal wajib yang seringkali sangat membantu aktivitas, khususnya jika bepergian ke tempat jauh. Bisa jadi kendaraan pribadi dapat menjadi nilai tambah untuk mendaftar pekerjaan karena tuntutan atau tidak disediakan dari perusahaan. Di bawah ini ada cara menabung untuk beli mobil dengan jangka waktu sekitar 5 tahun, antara lain:

1. Sesuaikan Pengeluaran dan Pendapatan Tiap Bulan

Hal pertama yang harus diperhatikan adalah menyesuaikan pengeluaran, pendapatan, dan tabungan dalam persentase yang sesuai. Ketika posisi pembaca masih hidup sendiri maka setidaknya persentase 40 persen untuk kebutuhan dan 40 persen ditabung. Sisanya yaitu 20 persen dapat digunakan sebagai uang darurat apabila misalnya terjadi hal yang tidak direncanakan.

Cara ini tentu berbeda apabila posisi pembaca telah menikah atau bahkan berkeluarga yang harus mempertimbangkan kebutuhan atau pendapatan anggota keluarga lain. Misalnya jika memiliki pasangan yang bekerja dapat difungsikan bahwa 50 persen dari gaji untuk menabung. Tentu hal ini berbeda jika pembaca telah memiliki anak yang juga perlu menabung untuk biaya pendidikan nantinya.

2. Pilih dan Buat Daftar Setiap Bulan

Selanjutnya adalah salah satu saran yang memang seringkali disampaikan, namun pembaca juga mungkin malas atau lupa untuk membuatnya. Berhubung gaji atau pendapatan yang diperoleh setiap bulan maka perlu juga membuat daftar pengeluaran setiap bulan, termasuk bahan pokok. Hal ini setidaknya harus ada untuk memberikan gambaran terkait penghematan yang lebih rinci namun tidak mengikat.

Perlu juga diperhatikan untuk menulis pengeluaran bahan makanan setidaknya setiap minggu dengan gambaran kasar, misalnya satu hari budgetnya adalah 30 ribu. Usahakan juga buat makanan yang dimasak di rumah dan tidak membeli langsung jadi yang dapat menghemat pengeluaran.

3. Membuka Reksadana Pasar Uang dan Obligasi

Sebenarnya membuka reksadana pasar uang, obligasi, dan saham merupakan beberapa cara yang direkomendasikan, namun tidak wajib untuk diikuti. Akan tetapi, hal ini akan sangat membantu terlebih lagi jika dilakukan sedini mungkin dan sebagai simpanan jangka menengah.

Ditambah beberapa aplikasi berizin resmi OJK dapat digunakan sesuai kebutuhan. Sayangnya, ada resiko kerugian dan pembaca harus mengetahui posisi pasar yang baik ketika top up agar modal bertambah.

4. Mencari Penghasilan Lain di Luar Pekerjaan Saat Ini

Cara menabung untuk beli mobil selanjutnya adalah dengan mencari penghasilan lain di luar pekerjaan saat ini sebagai tambahan. Hal ini juga tidak terpaku pada pembaca, misalnya mengajak teman atau pasangan untuk membuka online shop kecil-kecilan. Bisa juga dengan mencoba freelance yang dapat dilakukan secara online namun tetap dapat menghasilkan yang dapat disisihkan khusus untuk menabung.

TRENDING :  Cara Memilih Saham yang Tepat untuk Investasi Jangka Panjang

5. Menabung dan Simpan Uang di Bank

Sepertinya cara ini memang harus dilakukan, sebab uang sangat rentan hancur atau hilang terlebih lagi jika diletakkan di sembarang tempat. Misalnya uang dapat hancur dimakan rayap atau hilang ketika terkena musibah. Untuk mencegah terjadinya hal tersebut, disarankan untuk menyimpan uang di bank saja.

Itulah beberapa cara menabung untuk beli mobil yang dapat diperhatikan dan dilakukan agar pembaca dapat mencapai keinginannya. Semoga pembahasan yang disampaikan kali ini bermanfaat dan dapat membantu pembaca untuk membeli mobil.

About Firma Wati

Check Also

Cara Menghasilkan Uang dari Contoh Trading yang Menguntungkan

Cara Menghasilkan Uang dari Contoh Trading yang Menguntungkan

Contoh Trading: Mengenal Lebih Dekat Dunia Perdagangan Saham Hai, pembaca yang budiman! Apakah kamu pernah …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *